Sosialisasi Sistem Aplikasi Data Inventasi Minerba

Kamis 24 Januari 2019 bertempat di Aula Dinas ESDM Provinsi Riau Sosialisasi Sistem Aplikasi Data Investasi Minerba digelar. Acara ini diisi oleh Pemateri dari Kementrian ESDM dan dihadiri oleh pemegang IUP di Riau,yang antara lain PT MIA,PT BPP,PT Buana Tambang Jaya, PT Usaha Gemilang, PT KBM, PT BBAP, PT Samantaka dan PT TMT. Kadis beserta Kepala Bidang Minerba, Kepala Seksi di Bidang Minerba dan Inspektur Tambang yang ditempatkan di Provinsi Riau.

            Dalam sambutanya Kepala Dinas ESDM Provinsi Riau Indra Agus Lukman AP. Msi mengatakan Sosialisasi ini bentuk sinergi Kementerian ESDM dengan Dinas ESDM Provinsi Riau sehingga kedepan dapat kita rumuskan hal-hal yang dibutuhkan pemegang IUP stelah kita melihat data investasi mereka diaplikasi ini. Kasubdit  Pengembangan Investasi dan Kerjasama Minerba Dra. Samsiah Gustina Msi juga memaparkan jika data pemengang IUP selesai di isi kedalam aplikasi ini maka rencana investasi 2019 di Riau bisa kita perlihatkan kepada Investor yang berkunjung dan diharapkan para investor ini dapat memiliki bayangan mau berinvestasi apa dibidang Minerba yang ada didaerah, demikian Samsiah dalam sambutannya.

            Secara teknis Sistem Aplikasi Data Investasi Minerba ini disampaikan oleh Ilham Budi Sriditomo dan beberapa asisten guna melakukan asistensi kepada perwakilan perusahaan yang datang. Ilham memulai pemaparannya dengan  menyebut Tata cara pengisiannya dimulai dari membuka alamat web http://investasi.minerba.esdm.go.id Adapun komponen yang mesti diisi adalah data bangunan, mesin, peralatan,kapal,kendaraan dan angkutan, alat dan perabotan, aktiva tak berwujud,explorasi dan usaha dan jasa. “Semua investasi untuk sepuluh item diatas harus diisi setiap bulan dalam mata uang Dollar US yang kursnya mengaju kepada Bank Indonesia,” demikian Ilham. Dilanjutkan dengan kendala juga hambatan contohnya cuaca, indent pembelian sparepart, perizinan dan harga pasar. Terakhir diisi profil perusahaan kemudian disimpan dan dikirim untuk verifikasi.

            Pada sesi tanya jawab pertanyaan dari PT. Buana Tambang Jaya disampaikan oleh Arthur Tarigan menanyakan tentang kegunaan aplikasi ini dan data tenaga kerja permanen atau tidak yang dilaporkan. Dijawab Ilham aplikasi ini hanya fokus pada data investasi perusahaan perbulannya dan hanya tenaga kerja tetap yang dilaporkan.

            Sebelum ditutup sosialisasi ini melakukan asistensi cara menggunakan Aplikasi Investasi Minerba yang di bantu oleh Tim dari Kementrerian ESDM agar perwakilan perusahaan yang hadir memahami dan dapat langsung mengisi aplikasi ini.

Para Pimpinan

  • Kepala Dinas

    Dr. Indra Agus Lukman, AP, M.Si
  • Sekretaris

    Astra Nugraha, S.STP, M.Si
  • Kabid Mineral & Batubara

    Ir. Ridwan Dermawan
  • Kabid Geologi & Air Tanah

    Gengky Moriza, ST, MT
  • Kabid Energi dan Energi Baru Terbarukan

    Ir. Zulfikar, MT (Pensiun)
  • Kabid Ketenagalistrikan

    Andriani, SE, M.Si
  • Kepala UPT & Peralatan ESDM

    Dra. Alzuhra Dini Alinoni, M.Si
  • 1
Templates Joomla 3.3 BIGtheme.net