Panas Bumi Akan Menjadi Andalan Pasokan Energi Nasional

EBTKE-- Indonesia memiliki potensi panas bumi yang sangat besar yaitu sebesar 29 gigawatt (GW) yang tersebar di 324 titik dan 127 gunung api.

Direktur Panas Bumi Yunus Saefulhak mengatakan, lokasi potensi tersebut tersebar sepanjang jalur vulkanik aktif dari Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku.

"Dalam rangka memenuhi kebutuhan listrik nasional, kami sebagai pemerintah telah melakukan berbagai upaya diantaranya melalui percepatan pengembangan panas bumi,"kata dia saat memberikan sambutan dalam acara Kajian Japan International Cooperation Agency(JICA) tentang Master Plan Panas Bumi tahun 2016 - 2025, di Jakarta, Selasa, 13 September 2016.

Kedepan, lanjut Yunus, energi panas bumi akan menjadi energi andalan dan vital, pasalnya dapat mengurangi ketergantungan terhadap sumber energi fosil yang kian menipis. "Disamping itu, dengan mengembangkan sumber energi panas bumi, akan tercipta lapangan pekerjaan yang sekaligus mendorong peningkatan kesejahteraan dan produktivitas ekonomi masyarakat sekitar,"tegasnya.

Dia mengungkapkan, berdasarkan peraturan pemerintah (PP) nomor 79/2014 terkait kebijakan energi nasional (KEN), Pemerintah telah menetapkan target pangsa energi baru terbarukan sebesar 23 persen pada tahun 2025, dimana energi panas bumi ditargetkan memberikan kontribusi sebesar 7,2 GW atau sekitar 7,3 persen.

"Salah satu upaya untuk mengembangkan sumber energi panas bumi adalah dengan melakukan kerja sama dengan institusi-institusi lain yang terkait, salah satunya bekerja sama dengan JICA,"pungkas Yunus.

 

sumber : ebtke.esdm.go.id

Para Pimpinan

  • Kepala Dinas

    Dr. Indra Agus Lukman, AP, M.Si
  • Sekretaris

    Ade Yudistira, SH, M.Si
  • Kabid Mineral & Batubara

    Ismon Diondo Simatupang, ST
  • Kabid Geologi & Air Tanah

    Ir. M. Ridwan Dermawan
  • Kabid Energi dan Energi Baru Terbarukan

    Zulkarnain, ST, MT
  • Kabid Ketenagalistrikan

    Andriani, SE, M.Si
  • Kepala UPT & Peralatan ESDM

    Gengky Moriza, ST, MT
  • 1
Templates Joomla 3.3 BIGtheme.net