Studi Banding Dinas ESDM Riau ke Jawa Timur

Bidang EBT dinas esdm Riau, melakukan kunjungan penyelarasan ke Provinsi Jawa Timur dengan tujuan ke Dinas ESDM Provnsi Jawa timur dan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Benowo Surabaya. kunjungan tersebut dimaksudkan untuk mengetahui kiat – kiat memaksimalkan potensi EBT di daerah dan memenuhi target bauran energi sesuai PERDA Rencana Umum Energi Daerah Riau.


Dinas ESDM Provinsi Jawa timur dalam memenuhi target EBTnya memaksimalkan potensi EBT dari tenaga surya dengan mendorong perusahaan dan maysarakat memanfaatkan atap Gedung / rumah masing – masing untuk digunakan sebagai PLTS atap yang terkoneksi (Ongrid) dengan PLN. selain itu kebijakan yang dilakukan oleh DESDM Jatim yaitu menggalakkan penggunaan kendaraan listrik


Sedangkan PLTSa Benowo dibangun di TPA benowo dengan luas area 37, 4 Ha memiliki kapasitas 11 MW, dengan 2 MW melalui Landfill Gas (FLG) Power Plant dan 9 MW dari Gasification Power Plant.


PLTSA Benowo dibangun untuk mereduksi sampah perkotaan di Surabaya dan sekitarnya lebih 1000 Ton/hari. PLTSa ini didorong juga dengan adanya Peraturan Presiden (PP) No.35 Tahun 2018 terkait percepatan pembangunan instalasi Instalasi Pengolah Sampah Menjadi Energi Listrik (PSEL)

Templates Joomla 3.3 BIGtheme.net