Sekretariat

SEKRETARIAT


SEKRETARIS

ASTRA NUGRAHA,S.STP,M.Si
TUGAS POKOK:
Sekretaris mempunyai tugas pokok menyelenggarakan urusan pada Subbagian Perencanaan Program, Subbagian Keuangan dan Perlengkapan dan Subbagian Umum.

FUNGSI :
  1. Penyelenggaraan perencanaan pada Subbagian Perencanaan Program, Subbagian Keuangan dan Perlengkapan serta Subbagian Umum;
  2. Penyelenggaraan pelaksanaan tugas pada Subbagian Perencanaan Program, Subbagian Keuangan dan Perlengkapan serta Subbagian Umum;
  3. Penyelenggaraan koordinasi dan fasilitasi dalam rangka penyelenggaraan tugas dan fungsi pada Subbagian Perencanaan Program, Subbagian Keuangan dan Perlengkapan serta Subbagian Umum;
  4. Penyelenggaraan pemantauan, evaluasi dan pelaporan dalam rangka penyelenggaraan tugas dan fungsi pada Subbagian Perencanaan Program, Subbagian Keuangan dan Perlengkapan serta Subbagian Umum;
  5. Penyelenggaraan tugas dan fungsi lain sesuai dengan tugas dan fungsinya berdasarkan peraturan perundang-undangan.

SUBBAGIAN PERENCANAAN PROGRAM

Subbagian Perencanaan Program mempunyai tugas pokok menyelenggarakan urusan perencanaan program.

TUGAS POKOK :
  1. Merencanakan program kegiatan per tahun anggaran Subbagian Perencanaan Program berdasarkan tugas, fungsi dan renstra sebagai pedoman dalam pelaksanaan kegiatan;
  2. Membagi tugas pokok kepada bawahan dengan disposisi tugas pokok dan secara lisan agar tugas pokok terbagi habis;
  3. Memberi petunjuk kepada bawahan baik secara lisan maupun tertulis untuk menghindari penyimpangan dan kesalahan dalam pelaksanaan tugas ;
  4. Memeriksa hasil pekerjaan bawahan dengan membandingka antara hasil kerja dengan petunjuk kerja untuk penyempurnaan hasil kerja;
  5. Menilai kinerja bawahan berdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan dalam pembinaan dan peningkatan karier;.
  6. Menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan Subbagian Perencanaan Program secara rutin maupun berkala untuk pengembangan wawasan pengetahuan dan kemampuan;
  7. Memberikan saran pertimbangan kepada Sekretaris Dinas tentang langkah-langkah atau tindakan atau tindakan yang perlu diambil baik secara tertulis maupun lisan sebagai alternatif pilihan dalam pengambilan keputusan;
  8. Menginventarisasi permasalahan-permasalahan tugas pokok Subbagian Perencanaan Program secara rutin maupun berkala sebagai bahan dasar pemecahan masalah;
  9. Mengonsep naskah dinas sesuai bidang tugas pokok Subbagian Perencanaan Program berdasarkan disposisi atasan agar tersedia konsep naskah dinas yang dibutuhkan;
  10. Menghimpun data program dan kegiatan dari masing-masing bidang baik secara manual maupun elektronik agar seluruh data program dan kegiatan terhimpun dengan baik;
  11. Melakukan pembinaan dan memberikan petunjuk teknis mengenai penyusunan rencana program dan laporan;
  12. Melaksanakan penyusunan Renstra dan Lakip;
  13. Menyiapkan bahan koordinasi penyusunan rencana program dan laporan;
  14. Melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan rencana dan program;
  15. Menyiapkan bahan, data, menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas Subbagian Perencanaan Program dan Dinas;
  16. Mengevaluasi hasil kegiatan per tahun anggaran Subbagian Perencanaan Program berdasarkan capaian pelaksanaan kegiatan sebagai bahan penyempurnaannya;
  17. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas dan kegiatan kepada Sekretaris Dinas secara periodik sebagai bahan pertanggungjawaban;
  18. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugasnya berdasarkan peraturan perundang-undangan.

    SUBBAGIAN KEUANGAN DAN PERLENGKAPAN

    Subbagian Keuangan dan Perlengkapan mempunyai tugas pokok menyelenggaeakan urusan keuangan dan perlengkapan.

    TUGAS POKOK :
    1. Merencanakan program kegiatan per tahun anggaran Subbagian Keuangan dan Perlengkapan berdasarkan tugas, fungsi dan renstra sebagai pedoman dalam pelaksanaan kegiatan;
    2. Membagi tugas pokok kepada bawahan dengan disposisi tugas pokok dan secara lisan agar tugas pokok terbagi habis;
    3. Memberi petunjuk kepada bawahan baik secara lisan maupun tertulis untuk menghindari penyimpangan dan kesalahan dalam pelaksanaan tugas ;
    4. Memeriksa hasil pekerjaan bawahan dengan membandingka antara hasil kerja dengan petunjuk kerja untuk penyempurnaan hasil kerja;
    5. Menilai kinerja bawahan berdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan dalam pembinaan dan peningkatan karier;
    6. Menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan Subbagian Keuangan dan Perlengkapan secara rutin maupun berkala untuk pengembangan wawasan pengetahuan dan kemampuan;
    7. Memberikan saran pertimbangan kepada Sekretaris Dinas tentang langkah-langkah atau tindakan atau tindakan yang perlu diambil baik secara tertulis maupun lisan sebagai alternatif pilihan dalam pengambilan keputusan;
    8. Menginventarisasi permasalahan-permasalahan tugas pokok Subbagian Keuangan dan Perlengkapan secara rutin maupun berkala sebagai bahan dasar pemecahan masalah;
    9. Mengonsep naskah dinas sesuai bidang tugas pokok Subbagian Keuangan dan Perlengkapan berdasarkan disposisi atasan agar tersedia konsep naskah dinas yang dibutuhkan;
    10. Mengelola administrasi dan menyusun program kerja Subbagian Keuangan dan Perlengkapan;
    11. Menghimpun bahan dan mengumpulkan data usul rencana keuangan dan aset;
    12. Melakukan penyusunan kebutuhan perlengkapan,pengadaan, pemeliharaan gedung kantor, pengamanan aset, usulan penghapusan aset dan menyusun laporan pertanggungjawaban atas barang-barang inventaris;
    13. Menyiapkan bahan pembinaan, memberikan petunjuk teknis pengelola keuangan dan aset;
    14. Melakukan pembinaan dan memberikan petunjuk teknis pengelola keuangan dan aset;
    15. Melakukan urusan pembendaharawan (pencairan, pembayaran dan surat petanggungjawaban) serta verivikasi dan administrasi pengelola keuangan dan aset;
    16. Mengelola sistem informasi keuangan daerah;
    17. Mengelola tata usaha keuangan dan aset penyiapan pembayaran gaji pegawai;
    18. Melaksanakan proses penatausahaan belanja pejabat pengelola keuangan daerah;
    19. Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan pengelola keuangan dan aset;
    20. Memfasilitasi tindak lanjut laporan hasil pemeriksaan;
    21. Mengevaluasi hasil kegiatan per tahun anggaran Subbagian Keuangan dan Perlengkapan berdasarkan capaian pelaksanaan kegiatan sebagai bahan penyempurnaannya;
    22. Melaporan hasil pelaksanaan tugas dan kegiatan kepada Sekretaris Dinas secara periodik sebagai bahan pertanggungjawaban;
    23. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugasnya berdasarkan peraturan perundang-undangan.

      SUB BAGIAN UMUM

      Subbagian umum mempunyai tugas pokok menyelenggarakan urusan umum

      TUGAS POKOK
      1. Merencanakan program kegiatan pertahun anggaran subbagian umum berdasarkan tugas, fungsi dan renstra sebagai pedoman dalam pelaksanaan kegiatan;
      2. Member tugas pokok kepada bawahan disposisi tugas pokok dan secara lisan agar tugas pokok terbagi habis;
      3. Memberi petunjuk kepada bawahan baik secara lisan maupun tertulis untuk menghindari penyimpangan dan kesalahan dalam pelaksanaan tugas ;
      4. Memeriksa hasil pekerjaan bawahan dengan membandingka antara hasil kerja dengan petunjuk kerja untuk penyempurnaan hasil kerja;
      5. Menilai kinerja bawahan berdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan dalam pembinaan dan peningkatan karier;
      6. Menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan Subbagian Umum secara rutin maupun berkala untuk pengembangan wawasan pengetahuan dan kemampuan;
      7. Memberikan saran pertimbangan kepada Sekretaris Dinas tentang langkah-langkah atau tindakan atau tindakan yang perlu diambil baik secara tertulis maupun lisan sebagai alternatif pilihan dalam pengambilan keputusan;
      8. Menginventarisasi permasalahan-permasalahan tugas pokok Subbagian Umum secara rutin maupun berkala sebagai bahan dasar pemecahan masalah;
      9. Mengonsep naskah dinas sesuai bidang tugas pokok Subbagian Umum berdasarkan disposisi atasan agar tersedia konsep naskah dinas yang dibutuhkan;
      10. Melaksanakan penerimaan, menggadakan dan mendistribusikan surat menyurat;
      11. Mengumpulkan data dan menyiapkan bahan usulan kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, pensiun, pemberian penghargaan, penempatan formas, kesejahteraan pegawai, mutasi dan pemberhentian pegawai, diklat, ujian dinas, izin belajar, pembinaan kepegawaian dan disiplin pegawai serta pembuatan Kartu Pegawai (KARPEG), Asuransi Kesehatan (ASKES), TASPEN, Kartu Istri/ Suami (Karsi/Karsu);
      12. Menyusun Daftar Urut Kepangkatan (DUK) serta mengelola sistem informasi manajemen kepegawaian;
      13. Menyusun standar kompetensi pegawai, analisis jabatan, analisis beban kerja, budaya kerja, hukum, kelembagaan, organisasi, dan tatalaksana;
      14. Menyiapkan bahan penetapan pengelolaan keuangan daerah, bendahara dan bendaharawan pembantu;
      15. Menyelenggarakan urusan kehumasan;
      16. Melaksanakan dan mengatur fasilitas rapat, pertemuan dan upacara, serta melakukan kegiatan keprotokolan, urusan rumah tangga Dinas dan administrasi perjalanan dinas;
      17. Mengumpulkan, menyusun, dan mengolah bahan data informasi untuk kepentingan masyarakat;
      18. Melaksanakan pemeliharaan kebersihan, keindahan, kemanan, dan ketertiban kantor;
      19. Menatausahakan daftar inventaris, arsip dan dokumentasi;
      20. Melaksanakan pengadaan barang yang dibutuhkan setelah berkoordinasi dengan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah;
      21. Mengevaluasi hasil kegiatan per tahun anggaran Subbagian Umum berdasarkan capaian pelaksanaan kegiatan sebagai bahan penyempurnaannya;
      22. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas dan kegiatan kepada Sekretaris Dinas secara periodik sebagai bahan pertanggungjawaban;
      23. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugasnya berdasarkan peraturan perundang-undangan;

Para Pimpinan

  • Kepala Dinas

    Indra Agus Lukman, AP, M.Si
  • Sekretaris

    Astra Nugraha, S.STP, M.Si
  • Kabid Mineral & Batubara

    Ir. Ridwan Dermawan
  • Kabid Geologi & Air Tanah

    Gengky Moriza, ST, MT
  • Kabid Energi dan Energi Baru Terbarukan

    Ir. Zulfikar, MT
  • Kabid Ketenagalistrikan

    Andriani, SE, M.Si
  • Kepala UPT & Peralatan ESDM

    Dra. Alzuhra Dini Alinoni, M.Si
  • 1
Templates Joomla 3.3 BIGtheme.net